Apa itu Energi Alternatif Serta Definisi Nya

Apa itu Energi Alternatif Serta Definisi Nya

Apa itu Energi Alternatif Serta Definisi Nya – Energi Alternatif mengacu pada sumber energi selain bahan bakar fosil. Ini termasuk semua sumber terbarukan dan nuklir. Nuklir tidak diklasifikasikan sebagai sumber energi terbarukan. Sumber energi terbarukan dihasilkan dari sumber yang tidak menguras atau dapat diisi ulang dalam waktu hidup manusia. Nuklir diproduksi dari elemen yang ditambang seperti uranium dan thorium yang tidak dapat diisi ulang.

Apa itu Energi Alternatif?

Bagaimana jika ada penemuan yang tampaknya meningkatkan kehidupan masyarakat selama beberapa dekade? Itu membantu mereka pergi dari satu tempat ke tempat lain lebih cepat daripada sebelumnya dalam sejarah manusia. Ini membantu mereka untuk tetap hangat atau dingin dengan jentikan saklar. Tetapi, di beberapa titik, juga ditemukan bahwa ada beberapa sisi bawah. Itu mengubah kualitas udara. Mungkin lebih dari sedikit berantakan untuk ditemukan, diproses, dan dipindahkan. Kadang-kadang menyebabkan pertengkaran antar negara. Bahkan mungkin mengubah cara fungsi atmosfer, dan akhirnya akan habis. Penemuan itu? Itu adalah bahan bakar fosil, terutama batubara, bensin, dan gas alam. Dan karena kelemahan itu, perburuan telah menjadi alternatif. Energi alternatif, menurut definisi, adalah sumber energi apa pun yang tidak menggunakan bahan bakar fosil.

Anda mungkin juga pernah mendengar tentang sumber energi terbarukan, yang seringkali bisa sama dengan sumber energi alternatif. Sementara energi alternatif tidak lebih dari bahan bakar fosil, energi terbarukan berasal dari proses alami yang mengisi sendiri. Mereka juga cenderung menjadi energi bersih yang tidak mencemari.

Konteks

Membedakan antara energi terbarukan dan energi alternatif mungkin tampak sepele, tetapi istilah itu sering digunakan sehingga penting untuk memahami perbedaannya. Secara umum, sumber energi alternatif dipandang baik karena mereka tidak secara langsung mengeluarkan gas rumah kaca dalam produksi mereka, tetapi tentu saja semua bentuk energi memiliki biaya, manfaat, dan pengorbanan sendiri.

Secara alami, ada beberapa perdebatan mengenai apa arti “energi alternatif” dan apa yang dapat diterapkan. Di satu sisi, istilah ini dapat merujuk pada bentuk energi yang tidak meningkatkan jejak karbon manusia. Dalam hal ini, dapat mencakup hal-hal seperti fasilitas nuklir, tenaga listrik tenaga air, dan bahkan hal-hal seperti gas alam dan “batubara bersih”. Di sisi lain, istilah ini juga digunakan untuk merujuk pada apa yang saat ini dianggap sebagai metode energi non-tradisional – seperti matahari, angin, panas bumi, biomassa, dan tambahan baru lainnya. Klasifikasi semacam ini mengesampingkan metode seperti pembangkit listrik tenaga air, yang telah ada selama lebih dari satu abad dan karenanya cukup umum di wilayah tertentu di dunia.

Faktor lain adalah bahwa sumber energi alternatif dianggap “bersih”, artinya mereka tidak menghasilkan polutan berbahaya. Seperti yang telah disebutkan, ini dapat merujuk pada karbon dioksida tetapi juga emisi lain seperti karbon monoksida, sulfur dioksida, nitrogen oksida, dan lainnya. Dalam parameter ini, energi nuklir tidak dianggap sebagai sumber energi alternatif karena menghasilkan limbah radioaktif yang sangat beracun dan harus disimpan. Namun, dalam semua kasus, istilah ini digunakan untuk merujuk pada bentuk energi yang akan menggantikan bahan bakar fosil dan batubara sebagai bentuk utama produksi energi dalam beberapa dekade mendatang.

Jenis-jenis Energi Alternatif:

Sebenarnya, ada banyak jenis energi alternatif. Sekali lagi, definisi menjadi sedikit sulit, dan istilah tersebut telah digunakan di masa lalu untuk merujuk pada metode apa pun yang dianggap non-mainstream pada saat itu. Tetapi menerapkan istilah ini secara luas sebagai alternatif untuk batubara dan bahan bakar fosil, itu dapat mencakup salah satu atau semua hal berikut:

Hidroelektrik: Ini mengacu pada energi yang dihasilkan oleh bendungan hidroelektrik, di mana air yang jatuh (yaitu sungai atau kanal) disalurkan melalui peralatan untuk memutar turbin dan menghasilkan listrik.

Tenaga Nuklir: Energi yang dihasilkan melalui reaksi fisi lambat. Batang uranium atau elemen radioaktif lainnya memanaskan air untuk menghasilkan uap, yang pada gilirannya memutar turbin untuk menghasilkan listrik.

Tenaga Matahari: Energi yang dimanfaatkan langsung dari Matahari, tempat sel fotovoltaik (biasanya terdiri dari substrat silikon, dan disusun dalam susunan besar) mengubah sinar matahari langsung menjadi energi listrik. Dalam beberapa kasus, panas yang dihasilkan oleh sinar matahari dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik juga, yang dikenal sebagai tenaga panas matahari.

Tenaga Angin: Energi yang dihasilkan oleh aliran udara, di mana turbin angin besar digerakkan oleh angin untuk menghasilkan listrik.

Tenaga Panas Bumi: Energi yang dihasilkan oleh panas dan uap yang dihasilkan oleh aktivitas geologi di kerak bumi. Dalam kebanyakan kasus, ini terdiri dari pipa yang ditempatkan di tanah di atas zona aktif geologis untuk menyalurkan uap melalui turbin, sehingga menghasilkan listrik.

Tidal Power: Energi yang dihasilkan oleh memanfaatkan pasang surut yang terletak di sekitar garis pantai. Di sini, perubahan harian pasang-surut menyebabkan air mengalir bolak-balik melalui turbin, menghasilkan listrik yang kemudian ditransfer ke pembangkit listrik di sepanjang pantai.

Biomassa: Ini mengacu pada bahan bakar yang berasal dari tanaman dan sumber biologis – yaitu etanol, glukosa, ganggang, jamur, bakteri – yang dapat menggantikan bensin sebagai sumber bahan bakar.

Hidrogen: Energi yang berasal dari proses yang melibatkan gas hidrogen. Ini bisa termasuk catalytic converter, di mana molekul air dipecah dan disatukan kembali dengan elektrolisis; sel bahan bakar hidrogen, di mana gas digunakan untuk menyalakan mesin pembakaran internal atau dipanaskan dan digunakan untuk memutar turbin; atau fusi nuklir, di mana atom hidrogen melebur dalam kondisi yang terkendali untuk melepaskan energi dalam jumlah yang luar biasa

Comments are closed.